Selasa, 26 Oktober 2010

Jenis Canting


macam-macam jenis canting


Canting adalah peralatan utama yang digunakan untuk membatik. Fungsi dari canting adalah untuk menggambar dengan cara menuangkan wax (lilin/malam) panas yang kemudian dituangkan ke dalam kain. canting mempunyai andil besar terhadap kualitas gambar yang nantinya tertuang ke dalam kain.

Pada umumnya, canting terdiri dari dua macam kombinasi elemen yaitu tembaga untuk mata canting dan kayu/bamboo yang lentur dan ringan untuk gagangnya.

bagian canting

Seperti rapido atau drawing pen, canting juga memiliki beberapa jenis yang terbagi berdasarkan kebutuhan dalam membatik. Pada posting ini, saya ingin membahas tentang beberapa jenis canting yang biasa digunakan untuk membatik.


CANTING MENURUT FUNGSINYA

Canting Reng

reng adalah pola pertama yang dibuat dalam pengerjaan batik. reng rengan juga dapat diartikan sebagai kerangka utama. orang yang membuat reng disebut ngerengreng. biasanya canting reng digunakan untuk membuat pola awal. batikan awal hasil mencontoh pola desebut polan. canting reng bercucuk tunggal.

Canting Isen

canting isen adalah canting yang digunakan untuk mengisi bidang batik, maupun mengisi pola utama (polan). canting isen biasanya bercucuk kecil baik tunggal maupun rangkap.

Canting Blok

canting blok adalah canting yang biasanya digunakan untuk ngeblok atau nembok. biasanya memiliki diameter cucuk yang lebar sehingga malam yang keluar banyak dan dapat mempercepat proses pengeblokan malam.


canting blok untuk isen

ps. baik canting isen maupun canting reng biasanya terdiri dari jenis maupun menggunakan canting yang sama. semuanya tergantung kepada pembatik dan pola awal yang akan dibentuk batik.


CANTING MENURUT UKURAN CUCUK

Canting Cucuk Besar

canting cucuk besar memiliki diameter cucuk ujung yang besar sekitar 0.8-1 mm. canting ini biasanya digunakan untuk ngeblok.

Canting Cucuk Sedang

canting cucuk sedang memiliki diameter cucuk ujung yang besarnya sekitar 0.5-0.7 mm. canting ini biasanya digunakan untuk molani maupun isen.

Canting Cucuk Kecil

canting cucuk skecil memiliki diameter cucuk ujung yang besarnya sekitar 0.4-0.2 mm. canting ini biasanya digunakan untuk isen karena bentuknya yang kecil. namun terkadang canting cucuk kecil juga digunakan untuk membuat pola pada jenis batik yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi.


CANTING MENURUT BANYAKNYA CUCUK

canting cecek / canting blok / canting ukuran besar & canting loron

Canting Cecekan

canting cecekan bercucuk satu, biasanya memiliki ujung cucuk yang kecil. canting ini digunakan untuk membuat cecek (titik). selain untuk membuat cecek, canting ini juga digunakan untuk membuat garis-garis yang kecil.

Canting Loron

canting loron berasal dari bahasa jawa loro yang artinya dua. canting ini memiliki mata cucuk dua yang bentuknya berjajar atas dan bawah. canting ini digunakan untuk membuat garis rangkap. di beberapa daerah, canting loron digunakan untuk membuat pinggiran (pola di ujung kain)

Canting Telon

telon berasal dari bahasa jawa telu yang artinya tiga. canting ini memiliki susunan bentuk mata cucuk segitiga sama sisi. canting ini biasanya digunakan untuk membuat isen.

Canting Prapatan

apabila dianalogikan, prapat - papat - empat. prapat juga berasal dari bahasa jawa. canting ini memiliki empat mata cucuk yang membentuk bujursangkar. canting ini biasanya digunakan sebagai isen.

Canting Liman

liman untuk lima, canting ini bercucuk lima. canting ini memiliki bentung bujur sangkar dengan satu titik di tengah. biasa digunakan sebagai isen juga.

Canting Byok

canting byok adalah canting yang memiliki ujung cucuk berjumlah tujuh atau lebih dari tujuh. biasanya mempunyai bentuk lingkaran kecil yang terdiri dari titik-titik. canting byok biasanya memiliki jumlah cucuk yang ganjil.

Canting Galaran / Canting Renteng

galaran berasal dari kata galar yang artinya tempat tidur dari bambu yang bentuknya membujur. canting galaran biasanya memiliki ujung cucuk berjumlah genap, membujur dari atas ke bawah. canting galaran biasa disebut dengan nama canting renteng.

* * *

pada dasarnya ketahanan canting tergantung dari pemakaian.

sumber : http://sanggarbatikkatura.com

gambar : http://attayaya.net, http://tjokrosuharto.com, http://indbatik.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar