Selasa, 09 November 2010

Batik & ITS INNOVATION EXPO 2010

suasana ITS INNOVATION EXPO 2010

Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya mengadakan sebuah expo dengan tajuk ITS INNOVATION EXPO 2010 yang diadakan di convention hall tunjungan plaza pada tanggal 6-10 Nopember 2010. Acara yang menghadirkan teknologi inovasi tersebut merupakan salah satu dari serangkaian acara menyambut 50 tahun dies natalis ITS.

Saya menemukan beberapa hal menarik terkait dengan batik pada acara ini. Pada pintu masuk venue, ada semacam stand yang disediakan oleh panitia untuk pedagang yang tertarik berjualan pada acara tersebut. Yang menarik disini adalah, batik menjadi komoditas utama yang dijual dan dipamerkan sepanjang pintu masuk venue.

pintu masuk menuju venue dipenuhi pameran batik

Hal menarik lainnya adalah pemilihan batik sebagai elemen penghias stand pameran di beberapa jurusan, mengingat batik bukanlah tema utama yang diangkat oleh panitia ITS INNOVATION EXPO ’10.

beberapa stand pameran jurusan yang menggunakan batik sebagai elemen hias

Bahkan ada panitia penjaga stan yang khusus menggunakan batik untuk menjaga stand. “supaya lebih terlihat rapi dan eye catching” kata risky, mahasiswa TL yang menjaga stand.

penjaga stand dengan batik

dan untuk stand despro, ada yang khusus memajang karya batik modifikasi mahasiswanya

batik modifikasi. beberapa dengan tema suroboyo

Kalimat “Batik sudah menjadi suatu identitas, bukan sekedar komoditas” selayaknya ada benarnya. Terbukti walaupun acara ITS INNOVATION EXPO tidak mengusung tema batik atau budaya, namun mahasiswa tidak melupakan batik dan tetap menggunakan batik sebagai elemen-elemen penghias maupun elemen identitas.

gambar : pribadi, courtesy tyas ajeng nastiti

3 komentar:

  1. batiknya batik beneran?
    *pake lilin

    BalasHapus
  2. iya. yang karya mahasiswa despro itu, kita emang ada matakuliah desain nusantara yang tugasnya membatik :)

    BalasHapus
  3. jadi kepikir, gimana kalo brosur tahun depan berbatik ria... yihaaa....

    BalasHapus