Kamis, 30 Desember 2010

jalan-jalan : Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan

pasar setono pekalongan

Masih dari kota batik pekalongan, saja juga menyempatkan diri mampir ke pasar batik terbesar di sana. namanya pasar setono, pusat grosir batik. terletak di jalur pantura pekalongan menuju jakarta, dekat dengan terminal pekalongan. tidak heran pada musim liburan pasar ini banyak dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai kota yang mampir dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.

Pasar setono memiliki positioning yang tepat untuk sebuah pasar. jadi para pengunjung dari luar kota tidak perlu masuk-masuk ke arah kota untuk berbelanja. cukup melewati jalur pantura saja. fasilitas peristirahatan yang ada di pasar ini cukup lengkap, ada warung makan, mushola, dan kamar mandi yang cukup bersih sehingga pasar ini benar-benar layak dijadikan tempat singgah para pemudik.

Pada awalnya, pasar batik setono dibangun untuk menampung pengusaha kecil dan menengah untuk memasarkan produksi batik di pekalongan karena sebelumnya produksi batik yang berada di pekalongan banyak dijual di luar kota pekalongan. maka dari itu, didirikanlah pasar setono yang dulunya merupakan bekas pabrik tekstil yang sudah lama tidak beroperasi. barang yang dijual di pasar setono tidak hanya baju. di beberapa toko ada pula yang menjual kebutuhan rumah tangga yang berbahan batik seperti sprei, sarung bantal, taplak, tas, dompet, dan berbagai macam lainnya.

Dibawah ini merupakan beberapa suasana pasar batik setono yang sempat saya jepret sambil berjalan-jalan melepas penat setelah seharian berkutat dengan museum dan pemerintahan setempat.

suasana luar pasar batik setono, sepi karena bukan hari libur


suasana di dalam pasar setono

pasar setono beroperasi setiap hari mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. pada saat saya mengunjungi pasar tersebut, waktu sudah menunjukkan pukul setengah lima sore. belum puas berjalan-jalan, sudah banyak toko yang menutup lapak dagangannya. sayang sekali, padahal saya belum sempat berjalan-jalan keseluruh pelosok pasar.

saya benar-benar ingin ke pekalongan lagi kapan-kapan. siapa mau ikut?

sumber gambar : pribadi

2 komentar: